Senin, 18 Maret 2013

Owl City- The Saltwater Room

Owl City adalah sebuah proyek hasil insomnia seorang Adam Young. Owl City sendiri bergenre electronic ambient, walaupun belakangan ini memiliki sentuhan pop dance. Salah satu karakter utama dari Owl City adalah lirik yang puitis imajinatif (gw jg bingung apa maksudnya). Kenapa gue bilang puitis imajinatif? karena beneran lirik-lirik lagu Owl City kebanyakan susah diartiin secara langsung dan tentunya imajinatif banget.

Misalkan kalo kita mau ngomong, "langitnya indah banget." Mungkin Owl City bakal ngomong, "biru menghampar diberi hiasan gulali putih berombak, matahari tertawa menyaksikan angin berulah menggeser-geser awan." Itu cuma contoh lebaynya aja, Owl City nggak pernah kok bikin lirik kaya gitu. Itu hasil karangan ngaco gue doang, wakakak.

Musik Owl City sendiri, menurut gue ngebuat kita seperti berada di dunia lain. Dunia imajinatif hasil karangan Adam Young. Apalagi kalo kita benar-benar mencermati liriknya satu persatu, serasa imajinasi kita benar-benar dimanjakan.

Dari banyak lagu Owl City, baik yang baru dan yang lama. Gue pilih lagu Saltwater Room. Menurut gue lagu dan liriknya manis banget. Secara keseluruhan bercerita tentang kerinduan pada pasangan. Dibalut dengan musik ala Owl City yang banyak menggabungkan instrumen, lirik yang ciamik juga suara khas Adam Young dan Breane Duren. Banyak kemungkinan dari arti lagu ini, dan makna dari lagu ini yang bakal gue tulis adalah menurut pendapat gue. Jadi, jika ada beberapa kesalahan dan pendapat yang lain maka mohon diberitahu lewat komen ya.


The Saltwater Room
Owl City

I opened my eyes last night 
Aku buka mataku kemarin malam
and saw you in the low light 
dan melihatmu di bawah cahaya yang temaram
Walking down by the bay, on the shore,
Berjalan menyusuri teluk, di pantai
staring up at the planes that aren’t there anymore
melihat ke arah perahu yang tidak ada
(Buka mata disini mungkin maksudnya dia mulai sadar akan sesuatu hal. Sesuatu itu adalah si cewe yang lagi sedih (disini diibaratkan dia ada di cahaya yang temaram). Adam Young menggambarkan kesedihan si cewe dengan mengibaratkan si cewe lagi berjalan menyusuri pantai dan melihat ke arah perahu yang tidak ada. Disini arti dari melihat perahu yang tidak ada adalah si cewe lagi mengharapkan sesuatu yang nggak pernah terjadi)

I was feeling the night grow old and you were looking so cold 
Aku merasa malam kian larut dan kau terlihat kedinginan
Like an introvert, I drew my over shirt 
Seperti seorang Introvert. aku buka bajuku
Around my arms and began to shiver violently before
sekitar tanganku dan mulai menggigil 
(Adam Young tau kalau cewenya itu lagi sedih tapi dia nggak bisa berbuat apa-apa kecuali membuat dirinya sendiri lebih sedih dari cewenya, lirik dengan pengibaratan yang bagus, keren!)

You happened to look and see the tunnels all around me 
Kamu melihat dan memperhatikan banyak terowongan di sekitarku
Running into the dark underground 
 Berlari ke dalam kegelapan bawah tanah
All the subways around create a great sound
Semua kereta bawah tanah disekitar menghasilkan suara besar
 To my motion fatigue: farewell
Untuk gerak kelelahanku: selamat tinggal
 With your ear to a seashell
Dengan telingamu ke sebuah kerang
 You can hear the waves in underwater caves
Kamu dapat mendengar ombak di goa bawah laut
 As if you actually were inside a saltwater room
Seperti jika kau benar-benar di dalam sebuah ruangan laut (Saltwater room disini itu laut) 
(mungkin disini Adam Young menggambarkan dirinya berada pada banyak pilihan, dan si cewe tau itu. Si cewe merasa Adam Young  semakin jauh darinya. Laut atau disini disebut saltwater room itu bisa menjadi sebuah pengibaratan buat kesedihan, kebebasan, cinta atau kerinduan)

Time together is just never quite enough 
Waktu untuk bersama tidak pernah cukup
When you and I are alone, I’ve never felt so at home 
Ketika kau dan aku sendiri, aku tidak pernah merasa berada di rumah
What will it take to make or break this hint of love? 
Apakan akan melanjutkan atau menghentikan cinta ini?
We need time, only time 
Kita butuh waktu, hanya waktu
When we’re apart whatever are you thinking of?
Ketika kita terpisah apa saja yang kau pikirkan? 
If this is what I call home, why does it feel so alone?
Jika ini yang kusebut rumah, mengasa aku merasa kesepian? 
So tell me darling, do you wish we’d fall in love? 
Jadi katakan padaku, sayang, apakah kamu masih berharap kita saling mencintai?
All the time, all the time
selalu, selalu 
(Si cewe merasa ragu sama cintanya Adam Young dan Adam Young mencoba meyakinkannya kalau iapun merasakan rasa yang sama: sedih karena terpisah)

Can you believe that the crew has gone and wouldn’t let me sign on? 
Dapatkah kau percaya bahwa para kru sudah pergi dan tak akan membiarkan aku masuk?
All my islands have sunk in the deep, so I can hardly relax or even oversleep 
Semua pulauku sudah tenggelam di kedalaman, jadi aku sulit untuk santai atau bahkan tidur berlebihan
I feel as if I were home some nights when we count all the ship lights
Aku merasa seperti berada di rumah suatu malam ketika kita menghitung semua cahaya perahu
 I guess I’ll never know why sparrows love the snow 
Aku  rasa aku tidak akan pernah tau mengapa burung gereja mencintai salju
We’ll turn off all of the lights and set this ballroom aglow
Kita akan matikan semua cahaya dan membuat ruang dansa ini bercahaya 
(Si adam Young bilang ke cewenya kalau ia sudah tak dapat tertolong lagi. Ia mencoba untuk berusaha tapi tak bisa. Ia meyakinkan si cewe kalau iapun juga menderita. Ia juga bilang, ia akan merasa di rumah(rumah disini bisa berarti sebuah kenyamanan atau tempat ia kembali) saat ia bersama dengan si cewe)

Time together is just never quite enough 
Waktu untuk bersama tidak pernah cukup

When you and I are alone, I’ve never felt so at home 
Ketika kau dan aku sendiri, aku tidak pernah merasa berada di rumah

What will it take to make or break this hint of love? 
Apakan akan melanjutkan atau menghentikan cinta ini?

We need time, only time 
Kita butuh waktu, hanya waktu

When we’re apart whatever are you thinking of?
Ketika kita terpisah apa saja yang kau pikirkan? 

If this is what I call home, why does it feel so alone?
Jika ini yang kusebut rumah, mengasa aku merasa kesepian? 

So tell me darling, do you wish we’d fall in love? 
Jadi katakan padaku, sayang, apakah kamu masih berharap kita saling mencintai?

All the time, all the time
selalu, selalu 
(Si cewe merasa ragu sama cintanya Adam Young dan Adam Young mencoba meyakinkannya kalau iapun merasakan rasa yang sama: sedih karena terpisah)


Nggak tau kenapa setiap denger lagu ini, ngerasa tiba-tiba kangen padahal nggak tau kangen sama siapa. Suasana lagunya membawa kita benar-benar lagi dilaut sembari mikirin sang kekasih yang lagi pergi. Cocok banget buat yang lagi ditinggal jauh.

Sekian pembedahan lagu Owl City-Saltwater Room. Kalau ada yang mau membenarkan silahkan komentar ya.  

10 komentar:

  1. setuju dengan bedah lagunya...

    gambarnya keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya makasi,, iya gambarnya bagus tuh dapet dari internet, hehehe

      Hapus
  2. kirain bikin sendiri... :(

    BalasHapus
  3. Setuju banget...:) lagu owl city yg paling aku suka The saltwater room. Lagu ini mengisahkan kerinduan yang mendalam bgt tapi g ada yg bisa dilakukan kecuali menunggu kuasa waktu. Aaa..so sweet bgt..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ini lagu so sweet banget...
      salah satu dari banyak lagu owl city yang bagus
      oiya salam kenal.

      Hapus
  4. wah penggemar owl city (hootowl) jg ya min?

    BalasHapus
  5. mas/mba anonim
    iya suka banget sama owl city
    makasi udah mampir ^^

    BalasHapus
  6. Hai, salam kenal. Saya hootowl juga loh... Sukanya baru dari 2010 sih...
    Tapi kalo review yang pernah saya baca (dimana lupa) itu katanya satlwater room lagunya tentang mitos Yunani tentang raksasa cewek yang bisa dikalahkan hanya dgn jatuh cinta. Akhirnya ada cowok yang jatuh cinta, raksasa itu kalah, dan cowoknya kangen. Kira2 gitu isinya... Tapi saya juga masih ragu sih...

    BalasHapus
  7. anu saya mau nnya, itu liriknya apa sesuai sma lagunya? soalnya saya cba cocokin kya ad yg beda gtu. mhon dralat lg. mksih bnyk, saya bner" ska lgu ini. skli lg mksih

    BalasHapus
  8. yaa saya juga merasakan hal yang sama ketika mendengar lagu ini tapi saya seperti merindukan seseorang entah siapa itu di sepuah pantai yang di hias oleh bintang2 d langit

    BalasHapus